Anda yakin ingin menghapus :


Tidak  Ya
Perusahaan
Pencari Kerja
Perusahaan
Pencari Kerja
Informasi Beasiswa
Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
Deskripsi/Detail Beasiswa

Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional Yogyakarta (YPTN), sebuah yayasan yang didirikan oleh para mantan Tentara Pelajar (TNI &ndash AD Be-XVII) dengan Akta Notaris Raden Mas Soerjanto Partaningrat, S.H, Nomor 24 tanggal 17 Maret 1972.

Pada awalnya STTNAS merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan sampai dengan tingkat sarjana muda dengan nama Akademi Teknologi Nasional (ATNAS) yang menyelenggarakan  4 (empat) jurusan yaitu : Teknologi Bangunan Sipil, Teknologi Mesin Industri, Teknologi Listrik dan Teknologi Mineral. Keempat jurusan tersebut menperoleh status terdaftar terhitung mulai tanggal  1 Januari 1974 berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Wilayah IV No 03/K IV/ST/74 tanggal 18 Maret 1974.

Pada tahun 1986 ATNAS berkembang menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 0790a/0/1986 tanggal 3 Nopember 1986. Perubahan nama ini juga diikuti dengan perubahan nama semua jurusan dilingkungan STTNAS Yogyakarta. Jurusan Teknologi Bangunan Sipil berubah menjadi Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknologi Mesin Industri  berubah menjadi Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Listrik   berubah menjadi Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknologi Mineral berubah menjadi Jurusan Teknik Geologi.

Pada Saat ini STTNAS Yogyakarta mengelola 8 program studi, terdiri atas 6 Program Studi S1  yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Geologi, Teknik Elektro, Teknik Planologi dan Teknik Pertambangan, dan 2 Program Studi D-III yaitu Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

VISI
Visi STTNAS Yogyakarta adalah sebagai Perguruan Tinggi Center of Excellence di Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui oleh masyarakat dan komunitas intelektual nasional maupun internasional yang mempunyai serta menghasilkan masyarakat ilmiah yang mampu menguasai, mengembangkan, menyebarluaskan, dan mengaplikasikan IPTEKS bagi masyarakat luas.

MISI
Misi STTNAS Yogyakarta adalah :

melaksanakan dan meningkatkan mutu pendidikan sesuai kompetensinya dengan mengantisipasi kemajuan dan perkembangan IPTEKS
menyusun, melaksanakan dan meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang bersifat pengembangan maupun penerapan IPTEKS yang inovatif, melalui penyelenggaraan pusat studi bertaraf internasional
meningkatkan kualitas sumber daya manusia bertaraf internasional untuk meningkatkan daya saing
mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang modern, bersertifikasi, serta berbasis teknologi informasi dan komunikasi
mengembangkan kerjasama dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN
Tujuan program pendidikan pada STTNAS Yogyakarta sebagai bagian dari pendidikan IPTEKS dalam arti luas, adalah :

    menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkepribadian dan berakhlak mulia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
    mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional .