Anda yakin ingin menghapus :


Tidak  Ya
Artikel Arena Karier

Tips Kerja Team yang Sukses di Kantor

09 Agt 2013
Kategori : Tips
Oleh : Rizal

Dalam dunia kerja, kesuksesan atas tujuan perusahaan tidak selamanya bergantung pada kerja individual. Untuk mencapai beberapa tujuan tertentu, kita pun dituntut untuk bekerja sebagai sebuah tim dengan rekan kerja maupun atasan.

Agar dapat sukses dalam sebuah kerja tim, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan:

Pahami job desk

Dalam sebuah tim, tentu setiap orang memiliki peran masing-masing. Maka, pahami benar apa peran yang Sahabat emban serta tanggung jawab yang berada di balik peran tersebut. Pastikan Sahabat melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab tersebut dengan benar sesuai dengan tujuan bersama yang telah ditetapkan tim.

Jalin komunikasi efektif

Tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan oleh tim tidak terlepas dari adanya komunikasi efektif antar anggota. Namun perlu diingat, komunikasi yang terjalin dalam sebuah tim bukan lah satu arah dari pimpinan ke anggota melainkan komunikasi dua arah di mana para anggota dapat menyalurkan ide demi kesuksesan bersama.

Power sharing

Dalam tim, sebaiknya ada pembagian kekuasaan. Jadi, tidak ada anggota tim yang terlalu dominan maupun terlalu pasif. Setiap anggota tim perlu diberikan kesempatan untuk menjadi "pemimpin", menunjukkan "kekuasaannya" di bidang yang menjadi keahlian dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga mereka merasa ikut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan bersama.

Tunjukkan keahlian

Perbedaan keahlian yang dimiliki masing-masing anggota dalam tim akan saling menunjang dalam mencapai tujuan. Tidak hanya itu, perbedaan keahlian yang dimiliki justru akan memperluas perspektif dan memperkaya keahlian setiap anggota.

Apresiasi

Berikan apresiasi kepada anggota yang memberikan kontribusi positif dalam usaha meraih tujuan bersama yang telah ditentukan tim. Apresiasi tidak perlu berupa uang melainkan lewat sebuah pujian tulus. Hal ini menunjukkan kita menghargai kerja keras yang telah dilakukannya. Dengan demikian dapat memacu sang anggota untuk terus berprestasi.

Sikap dan pemikiran positif

Perbedaan di antara tiap anggota pun kerap kali berujung konflik. Namun, berbagai kendala yang menghadang janganlah dihindari. Hadapi kesulitan tersebut sebagai sebuah tantangan dengan cara-cara yang positif.

Resolusi konflik

Konflik tidak selamanya negatif. Lewat konflik, tanpa disadari kita pun memiliki perspektif berbeda mengenai suatu masalah dan melahirkan cara, inovasi, maupun perubahan baru yang memang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kuncinya, jangan pernah mendiamkan atau mengabaikan sebuah konflik kecil. Sebab, konflik seperti kanker dapat menyebar dengan cepat tanpa disadari hingga akhirnya meruntuhkan tim tersebut.

Evaluasi

Evaluasi penting dilakukan secara berkala untuk melihat kinerja masing-masing anggota maupun kinerja tim secara menyeluruh. Melihat sejauh mana kemajuan kerja tim dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan

Artikel Terkait