Anda yakin ingin menghapus :


Tidak  Ya
Artikel Arena Karier

Berapa Batas Usia Pensiun ?

14 Jun 2013
Kategori : Karier
Oleh : Indra

Sebelum kita tahu berapa batas usia pensiun, mari kita simak definisi pensiun itu sendiri.
Pengertian atau definisi pensiun adalah (1) tidak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai; (2) uang tunjangan yang diterima tiap bulan oleh karyawan sesudah ia berhenti bekerja atau oleh istri (suami) dan anak-anaknya yang belum dewasa kalau ia meninggal dunia.
Pengertian atau definisi pensiun dini adalah pensiun sebelum waktunya.

batas usia pensiun

Berapa sebenarnya batas usia pensiun?

Kalau kita mengacu pada batas usia pensiun PNS, menurut PP no. 32/1979 batas usia pensiun pns adalah 56 tahun. Peraturan pemerintah ini dibuat karena pada tahun 1980an usia harapan hidup di Indonesia sekitar 54,4 tahun. Artinya secara tidak langsung, pada tahun 1980an, peraturan ini merancang PNS untuk bekerja seumur hidup atau seandainya dikaruniai umur panjang, masa menikmati pensiunnya tidak akan terlalu lama.

Sedangkan saat ini usia harapan hidup di Indonesia sekitar 67,8 tahun. Maka tidak usah heran kalau saat ini banyak orang berbondong-bondong mendaftar menjadi pns dibandingkan tahun 1980an. Tawaran bisa menikmati hidup pada usia pensiun dengan menerima 80% gaji pokok selama 11 tahun (dari acuan angka harapan hidup) masa pensiun tanpa harus bekerja memang menggiurkan.

Celakanya, banyak perusahaan swasta yang memberlakukan peraturan yang sama sebagai batas usia pensiun karyawan swasta, yaitu batas usia pensiun diumur 56 tahun. Walaupun ada beberapa perusahaan swasta yang mampu memberikan uang pensiun bernilai milyaran atau ratusan juta rupiah, tapi masih lebih banyak lagi perusahaan yang tidak mampu memberikan angka sebesar itu sebagai uang pesangon pensiun karyawannya. Orang yang sudah menjadi pns mungkin akan berkata: “Ya itu DL (Derita Loe).” :)

Lalu bagaimana nasib orang-orang yang bekerja diperusahaan semacam ini? Apalagi sekarang banyak perusahaan swasta yang memberlakukan sistem kerja kontrak atau menggunakan jasa perusahaan outsourcing untuk merekrut karyawannya. Bahkan seorang teman saya dikontrak oleh perusahaan tempatnya bekerja sampai dengan umur 35 tahun. Padahal pada umumnya umur masa kerja karyawan kontrak adalah 6 bulan, 1 tahun atau 2 tahun. Jangankan berpikir batas usia pensiun, memikirkan batas masa kontrak saja sudah pusing.

Itulah dilema pegawai atau karyawan swasta yang bergaji kecil dengan sistem kerja kontrak atau outsourcing yang bekerja diperusahaan yang tidak mampu memberikan uang pensiun yang cukup. Dalam artikel ini sengaja saya tidak menyinggung tentang bagaimana persiapan pensiun sedini mungkin karena menyesuaikan dengan judul artikel ini yaitu batas usia pensiun.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait